Rabu, 23 Mei 2012

Cara Mudah Mengubah Partisi Hardisk di Windows Xp, Vista, 7 Tanpa Insatal Ulang



Mempartisi hardisk sebenarnya sangat mudah, tapi Bagi orang yang awam di dunia komputer seperti saya mempartisi hardisk adalah suatu yang sangat sulit. Kenapa kita harus mempartisi hardisk ? salah satunya adalah agar kita bisa menyimpan file-file kita agar tersusun rapih dan sesuai dengan partisi yang kita butuhkan dan supaya komputer kita tidak terlalu berat karna hanya ada satu partisi hardisk saja. 
Banyak tools, banyak cara dan banyak juga sebenarnya yang telah memposting tentang tutorial ini, namun dikarenakan ini pengalaman sendiri dan sudah terbukti keberhasilannya, tidak ada salahnya saya abadikan pengalaman ini kepada rekan-rekan.

Bagi anda yang baru membeli PC atau notebook kadang anda mendapatkan partisi hardisk anda cuma satu yaitu drive C saja atau C dan D tapi anda ingin menyimpan file hiburan atau file penting anda dalam satu partisi pasti anda pusing karna partisi anda cuma ada drive system saja Jika sewaktu-waktu komputer anda harus di install ulang otomatis anda harus memindahkan file-file anda agar tidak hilang, seperti yang saya alami baru-baru ini. 
Pada awalnya saya mencoba partisi hardisk saya dengan tools Partition Magic 8, tetapi entah kenapa ketika di Loading terjadi error "cannot loading disk", hal pertama yang saya perkirakan mungkin tools tsb crash, kemudian saya coba download ulang ternyata hasilnya sama saja. Berikutnya saya tanya di Google, ada yang menyatakan pengaturan Hardisk, ada yang menyatakan dari bawaan Windows dsb. Secara tidak sengaja saya menemukan tools bernama EASEUS Partition Master 7.0.1 Home Edition, tidak banyak pertimbangan dikarenakan tools tsb full gratis langsung saja di download dan dicoba, ternyata hasilnya sangat memuaskan, dengan tools tsb hardisk terbaca dan bisa dipartisi dengan sangat mudah beberapa langkah saja, jika rekan-rekan berkeinginan membagi hardisk menjadi beberapa partisi dan menemui kendala yang sama dengan saya tsb, berikut saya jelaskan langkah-langkahnya.
Software yang kita butuhkan adalah EASEUS Partition Master 7.0.1 Home Edition yang free. Anda dapat mendownloadnya di link ini : http://www.partition-tool.com/download.htm

Dengan software EASEUS Partition Master 7.0.1 Home Edition ini kita dapat membagi partisi hardisk tanpa harus menginstall ulang System, kita dapat membagi partisi hardisk tanpa merusak system ataupun data.

Berikut ini Cara Mudah Membagi Partisi Harddisk Windows XP, Vista, Seven :

Install softwarenya dan jalankan EASEUS Partition Master 7.0.1 Home Edition.
Contoh ini menggunakan harddisk 500Gb dan akan dibagi menjadi 2 partisi.

1. Pilih Partisi yang aktif
2. Klik menu Resize/Move



3. Kemudian Geser partisi yang kosong seperti tanda panah no 3 atau isi Partition Sizenya
4. Setelah anda mengatur partisi yang anda inginkan kemudian klik OK. Akan ada hasil partisi yang "Unallocated" atau belum terpartisi.



5. Pilih partisi yang Unallocated.
6. Klik menu CREATE untuk membuat partisi kedua.
 7. Masukkan Label atau nama Partisi tersebut kemudian klik OK. 
8 Kemudian Klik APPLY untuk membuat permanen proses membagi hardisk di windows XP, Vista, Seven.


9. Bila muncul pesan, klik “Yes” maka komputer anda akan restart Sendiri
10. Ketika komputer anda booting ulang maka proses pembagian partisi akan di jalankan, tunggu sampai komputer tersebut restart kembali dan booting ulang sampai windows anda berjalan dengan normal.

Dan Harddisk anda akan terbagi menjadi 2 bagian. Anda dapat membagi sesuai dengan kebutuhan anda misalnya 3 bagian atau 4 bagian partisi harddisk.

Selamat mencoba !

1 komentar:

  1. b0s kemrin waktu instal windws xp partisi c ane masukin 40gb padahal kapasitas c; itu 90gb,
    gimn ya bos cara merubah nya lgi

    BalasHapus